Home » » mengenal ikan guramejenis jepun

mengenal ikan guramejenis jepun

Gurame (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang cukup populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di wilyah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

Bentuk badan ikan Gurame pipih lebar, bagian punggung berwarna merah sawo dan bagian perut berwarna kekuningkuningan/keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Panjang tubuh (SL, standard length[2]) 2,0-2,1 kali tinggi tubuh; panjang tubuh total (dengan sirip ekor) bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk.

Macam Jenis Ikan Gurame - Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang ada di indonesia, malaysia, indochina, Thailand dan india. ikan gurame di indonesia berasal dari kepulauan sumatra, kalimantan dan jawa. Adwinata telah mengelompokkan ikan gurame mejadi dua jenis ikan gurame strain, yaitu soang dan jepung. dari beberapa macam jenis ikan gurame di atas tidak semuanya di jadikan untuk dikonsumsi. beberapa jenis ikan gurame yang ada di bawah ini tujuannya hanya untuk ikan hias, namun bisa juga untuk di konsumsi

Gurame jepun (jepang)
  • Varietas Gurame jepun ( jepang) juga sudah lama di kenal di indonesia. Gurame Jepun dikenal dengan nama gurame jawa tengah atau gurami purwokerto. Ukuran tubuhnya lebih kecil.
  • Gurame ini memiliki ukuran tubuh lebih pendek di banding Gurame angsa. 
  • Panjang tubuh Gurame jepun sekitar 45 CM dengan berat tubuh sekitar 3-4 kg.
  • Ketika kecil, tubuh Gurame jepun berwarna kebiruan dan berubah menjadi hitam atau agak gelap ketika mulai dewasa. Sisik Gurame ini juga lebih kecil dari Gurame angsa.
  • Produksi telur Gurame jepun berkisar 2.000 – 3.000 butir/ ekor.

demikian sedikit ulasan mengenai ulasan tentang ikan gurame jenis jebun.
Semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar