Home » » bibit gurami ukuran yang rapi dan jumlah tepat

bibit gurami ukuran yang rapi dan jumlah tepat

dalam budidaya ikan air tawar ukuran yang rapi adalah satu faktor keberhasilan dalam budidaya,tak terkecuali budidaya bibit gurami,ukuran bibit gurami yang seragam adalah usaha kami dalam menjual bibit bibit gurami.selain bibit gurami yang seragam kami juga memperhatikan kwalitas bibit bibit gurami yang kami jual.

hitungan manual dan hati hati dalam penghitungan agar benih gurami tidak luka,karena luka pada sisik ikan gurami akan jadi penyebab bibit gurami mudah terkena jamur.disetiap pengurasan dan penghitungan bibit gurami, kami menggunakan jaring yang lembut.

harapan bibit gurami yang seragam akan seimbang dalam mencari pakan sehingga dapat tumbuh dengan maksimal,Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ketidak seragaman ukuran ikan. slah satunya adalah ketersediaan makanan dalam jumlah yang tidak mencukupi. Jika makanan yang tersedia kurang maka akan ada ikan yang tidak mendapat cukup makanan karena kalah dalam persaingan.
Faktor lainnya disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik ikan gurami. Dalam satu populasi (kelompok) ikan gurami yang berasal dari satu kali pemijahan (bisa beberapa induk) biasanya akan didapat 10-20 % ikan gurami yang tumbuhnya lebih lambat, sebaliknya juga akan didapat ikan yang tumbuhnya lebih cepat dari rata-rata. Untuk itulah perlu dilakukan pemisahan ukuran (sortir/grading) ikan pada tahap pendederan.

Jika grading bibit gurami tidak dilakukan pada tahap pendederan maka keragaman ukuran bibit gurami karena faktor genetik akan berlanjut ke tahap pembesaran. Bahkan ada kalanya pada tahap pendederan keragaman ukuran tersebut belum terlihat mencolok sehingga sulit untuk melakukan grading.

Grading bibit gurami dilakukan bukan hanya untuk memisahkan ukuran tetapi juga untuk penjarangan sehingga semakin besar ukuran ikan gurami  kepadatan dalam kolam/jaring akan semakin berkurang. Melalui proses penjarangan ikan gurami diberi kesempatan untuk dapat tumbuh normal. Jika setelah dilakukan grading ada kelompok ikan gurami yang tidak mau tumbuh atau pertumbuhannya sangat lambat, maka sebaiknya pemeliharaannya dihentikan, ikan dijual atau dilepas di sungai. Kelompok ikan gurami centet (basa jawa) ini tidak akan mencapai ukuran normal dan hanya menghabiskan biaya pemeliharaan saja.

semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 komentar: