Home » » keungulan kolam terpal untuk ikan gurame

keungulan kolam terpal untuk ikan gurame

Mengenai budidaya ikan gurame, sebenarnya banyak pilihan yang dapat  pembaca dapatkan, karena ikan gurame ini bisa di budidayakan dikolam terpal di samping rumah bisa di jalankan menyesuaikan modal. Dari modal kecil hingga yang modal besarpun dapat untuk meningkatkan usaha budidaya ikan gurame ini. Oleh oleh karena itu usaha budidaya ikan gurame ini terbuka untuk siapapun.

Harga ikan gurame yang relative lebih mahal dari ikan yang lain bikin banyak yang menentukan ikan gurame menjadi pilihan  budidaya ikan.
Untuk anda yang tidak mempunyai tempat yang cukup dapat membudidayakan ikan gurame dengan memakai kolam dari terpal. Ikan gurame pada intinya memerlukan air yang cukup. Kolam dari terpal dapat sobat buat meskipun di tempat yang sempit. Seandainya sobat sabar merawatnya maka ikan gurame terus tumbuh dengan baik.

Anda  dapat bikin kolam ikan gurame dengan terpal dengan cara fleksibel menyesuaikan dengan tempat yang ada serta dimana saja. Umpamanya di pekarangan rumah, di sawah, dan sebagainya. Bila kolam terpal buatan sobat ukurannya tak terlampau besar sudah pasti tak dapat menyimpan ikan gurame dalam jumlah yang besar. Bila dipaksakan pasti bakal banyak alami kematian. Jadi jumlah ikan mesti di cocokkan dengan ukuran kolam. Untuk ukuran kolam 1m2 dengan kedalaman 90 cm kurang lebih dapat berisi 40 ekor gurame dengan ukur silet.

Bila ikan gurame telah semakin besar maka jumlahnya mesti di kurangi. Bila hal ini tidak dilakukan maka butuh menambahkan filter air yang cukup, caranya yaitu dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke satu system filter, sesudah lewat filter air masuk kembali ke kolam.

Keunggulan dari kolam terpal adalah dapat diterapkan (dibangun) di berbagai tempat, tidak harus di lahan yang ideal sebagaimana pembangunan kolam konvensional. Kolam terpal juga mudah dibersihkan dan dipindahkan. Membudidayakan  ikan dikolam terpal, padat penebarannya dapat ditingkatkan, kelangsungan hidup (survival rate) lebih tinggi, pertumbuhan ikan dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur. Di samping itu, pembuatan dan pemeliharaan ikan di kolam terpal juga lebih mudah (secara teknis) dan lebih murah (secara finansial).
 Karena keunggulan itulah maka budi daya ikan gurame di kolam terpal ini terus berkembang, termasuk untuk pemeliharaan ikan gurame.
Keunggulan kolam terpal ini merupakan salah satu peluang yang baik bagi pengembangan budi daya gurame. Kolam terpal dapat diterapkan untuk pembenihan gurame, pendederan, serta pembesaran untuk menghasilkan gurame konsumsi.

Berdasarkan bahan dan cara membuatnya, terutama dinding atau kerangka kolam maka dikenal adanya beberapa jenis kolam terpal, antara lain:

  • ·         Kolam terpal dengan kerangka bambu, kayu, pipa ledeng, atau besi.
  • ·         Kolam terpal dengan dinding batako atau batu bata.
  • ·         Kolam terpal dengan dinding tanah.
  • ·         Kolam beton atau kolam tanah berlapis terpal.


Setelah kolam selesai dibuat, bilas terlebih dahulu untuk menghilangkan segala kotoran yang melekat pada terpal. pastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahayaMasukkan air ke dalam kolam hingga sesuai kebutuhan.

Kemudian kolam ditutup dan dibiarkan selama 2-3 hari. Untuk menjaga sterilitas, kolam terpal dapat diberi per¬lakuan tradisional berupa memberi tumpukan daun pepaya atau daun ketepeng (Cassia alata) yang dibiarkan selama 5-7 hari. Daun pepaya berfungsi sebagai antiseptik. Selanjutnya benih ikan gurame siap ditebar.

semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar