Home » » suplemen alami untuk benih gurame

suplemen alami untuk benih gurame

PEMBERIAN SUPLEMEN / NUTRISI ALAMI UNTUK BENIH IKAN

Dengan mengetahui peran maupun fungsi pakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi benih ikan, maka keberhasilan budidaya ikan dapat dicapai secara optimal. Pakan benih ikan berkualitas akan meningkatkan kesehatan serta mempercepat pertumbuhan, sehingga produksi budidaya ikan akan lebih meningkat dan sudah barang tentu keuntungan yang didapat juga lebih tinggi.

Suplemen  untuk  benih ikan merupakan hal yang perlu di ketahui bagi pembudiya benih ikan, karena dalam pemeliharaan benih ikan ini ada 2 hal yang perlu dijaga yaitu, makanan yang berkualitas serta ekosistem kolam yang harus baik. karena sisa pakan dan kotoran serta faeces oelh bakteri tertentu dapat diubah menjadi gas  ammoniak, H2S dan gas methan, dimana kehadiran gas-gas ini didalam kolam bisa meracuni kolam dan menghambat pertumbuhan benih ikan, dengan pemberian supleman untuk benih ikan ini maka inhitoring factor ini akan ditekan.

Agar pakan buatan yang diberikan dapat mendukung serta mengoptimalkan perkembangan maupun pertumbuhan ikan gurame, sebaiknya pembuatan pakan ini harus berorientasi menghasilkan pakan benih ikan berkualitas, yaitu pakan yang disukai, mudah dicerna, serta dapat memenuhi standar kebutuhan nutrisi benih ikan. Untuk menghasilkan pakan benih ikan berkualitas tersebut perlu ada tambahan untuk suplemen benih ikan.

Kebutuhan suplemen atau nutrisi ikan secara alami sudah tersedia, baik di kolam maupun di perairan lain. Pada usaha budidaya benih ikan secara tradisional, kebutuhan suplemen / nutrisi ikan dapat dipenuhi oleh pakan alami dari kolam itu sendiri. Akan tetapi pada skala usaha budidaya benih ikan secara intensif, ketersediaan pakan alami tersebut sudah tidak mampu lagi menopang pertumbuhan maupun perkembangan benih ikan secara optimal, mengingat kepadatan populasi pemeliharaan ikan sangat tinggi.

PEMBERIAN SUPLEMEN / NUTRISI UNTUK BENIH GURAME

Sama seperti pada usaha pem benih an ikan gurame, usaha pembesaran benih gurame juga memerlukan suplemen untuk meningkatkan selera makan bnih gurame  serta agar benih ikan gurame tidak mudah terserang penyakit.

Supleman atau nutrisi alami untuk benih ikan gurame yaitu:

  • Gula
  • Susu
  • Madu


 Bahan  gula, susu, atau madu sebagai supleman / nutrisi alami  untuk benih gurame dengan cara dicampurkan dengan pelet. Takarannya, sama dengan suplemen yang diberikan pada pakan benih gurame , yaitu:

1 sdm gula, 1 sdm madu, atau susu kental manis untuk 1 kg pelet.

Untuk satu kali masa produksi ikan gurame konsumsi dari 2.000 ekor benih gurame yang setara 1 ton ikan gurame , susu yang terpakai hanya dua kaleng. Sementara itu, madu sebanyak 1 botol dan gula pasir hanya butuh 1,5kg. pemberian suplemen harus diselang-seling, kadang diberi kadang tidak.tergantung pada Anda.
Jika Anda ingin cepat, siplemen harus diberikan setiap hari.

Semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar