Home » » cara pembesaran benih gurame dengan prebiotik

cara pembesaran benih gurame dengan prebiotik

Penggunaan Probiotik berbagai jenis yang ada di pasaran ditujukan untuk menambah populasi mikroba positif ke dalam kolam sehingga plankton yang tumbuh subur di dalam kolam budidaya akan menjadi pakan alami benih gurame, selain itu probiotik ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan air dan lingkungan kolam sehingga benih gurame yang dibudidayakan tetap sehat dan tidak gampang stress.

Pemberian Prebiotik untuk budidaya benih gurame dengan dua cara yaitu .

1. prebiotik  dapat di campurkan pelet waktu pemberian pakan,takaran sesuai ukuran,penggunaan probiotik ini bertujuan agar pencernaan dalam perut gurame bisa bekerja dengan optimal sehingga pakan yang dikonversikan menjadi daging pun menjadi maksimal.

2. prebiotik dapat diguyurkan ke kolam sebelum penebaran bibit gurame,hal ini bertujuan agar plangton dan bakteri positif dapat tumbuh subur dan menjadi makanan benih gurame.

Jika dalam budidaya pembesaran benih gurami konvensional 30 kg pakan pelet maksimal hanya menjadi 22 kg daging ikan, maka dengan Sistem prebiotik bisa dimaksimalkan menjadi 28-30 kg. Ini artinya, berat ikan gurami menjadi lebih berbobot karena penambahan probiotik  akan menjadikan 90% pakan menjadi daging dan hanya 10% yang dibuang sebagai amoniak. Selain itu waktu panen benih gurami menjadi jauh lebih pendek.

Padahal untuk 30 zak pakan gurami hanya dibutuhkan biaya tambahan untuk pembelian probiotik sekitar Rp 500.000 saja. Yakni, untuk pemacu pertumbuhan benih gurami Rp 200 ribu, untuk penambah bobot bibit gurami Rp 200 ribu, dan untuk pengobatan Rp 100 ribu.

Demikian tentang pembahasan budidaya benih gurami sistem prebiotik sistem ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara budidaya benih gurame pada umumnya,yang membedakan adalah prebiotiknya,misal cara perawatan kolam sebelum benih gurame ditebar yang biasanya dilakukan pemupukan bertujuan menumbuhkan pakan alami benih gurame hal ini cukup di kocorkan prebiotik sesuai luas kolam yang akan di budaidaya kan benih gurame.


Semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

3 komentar: